Wednesday, May 30, 2018

Menonton Musyawarah Lucu Nasional Jogja ((Denpasar-jogja what’s up broo))

Karena perjalan bukan garis lurus yang punya awal dan akhir. Tapi sebuah lingkaran yang tak terputus. Dan dalam perjalanan akan selalu ada persinggahan-persinggahan yang harus di tempuh.

Berawal dari pengen banget nonton langsung local standup MLI (majelis lucu indonesia) di jakarta tapi gak kesampean karena harga tiketnya sama dengan 100 bungkus nasi jinggo atau setara dengan 3 bulan lebih 3 hari jatah makan gue, itu baru tiket acaranya aja, belom akomodasinya, bisa-bisa sepulang dari jakarta gue puasa kifarat. Tapi ternyata MLI berbaik hati  ngadain tour  Musyawarah Lucu Nasional ke beberapa kota di jawa tengah (purwokerto, Jogjakarta, solo dan semarang) untuk para umat manusia yang punya masalah hidup ekonomi, agar tidak kehilangan selera humor. Bahwa hidup jangan di keluhin mulu, adakalanya harus diketawain.

Dan berhubung akhir taun lalu gue gak jadi ke jogja, jadi gue ngerasa ini momen yang pas buat dateng ke jogja (lagi). Kayanya banyak orang sepakat kalo jogja adalah kota yang selalu mampu membuat orang-orang ingin kembali . Setelah menimbang-nimbang akan ke jogja via jalur apa, akhirnya gue memutuskan untuk berangkat via darat+laut (ngecer), kenapa? karena gue belom pernah, udah sesimple itu aja alesannya. Gue pun langsung browsing soal bus terus berburu tiket kerta api serta tiket ferry. Daannn...hari yang dinanti tiba, perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan pun dimulai.

Denpasar, 09 mei 2018

Perjalanan dimulai dari Daycare, tempat gue kerja sekaligus tinggal, menuju terminal batu bulan. Bukan, bukan buat naik bus dari sana tapi buat nemuin temen yang katanya mau nganter dan nemenin sampe naik bus ke gilimanuk. Jadi ceritanya sehari sebelum keberangkatan, gue coba cek bus yang berangkat ke gilimanuk dari terminal ubung ditemani sama Beta (teman kerja+tinggal), tapi ternyata sepi, walau katanya, bisa sih naik dari sana tapi harus sore. Ngeliat kondisi terminal ubung yang menurut gue lumayan serem dan sempet browsing, ternyata cukup banyak tindak kriminal juga disitu.

Akhirnya,gue sama beta mutusin buat cari info ke terminal mengwi.
Sesampainya di terminal mengwi, ngeliat kondisinya jauh lebih baik dan ada petugasnya juga disana. Setelah nanya-nanya, katanya kalo bus kecil Cuma sampe jam lima sore. Kalo udah malem bisa naik bus AKAP tapi katanya ongkosnya jauh lebih mahal, kalo bus kecil Cuma Rp. 30.000 - 40.000,- tapi kalo bus AKAP sekitar Rp. 50.000 – Rp. 80.000. tapi menurut gue cukup terjangkaulah ya, gak mahal-mahal amatlah (menurut orang awam yang jarang banget pergi-pergi, gak tau kalo menurut traveler atau backpacker.huhu). Gue ngerasa cukup lega dengan info tersebut.

Tapi tiba-tiba gue kepikiran sama fikry, dia anak rantau dari Sulawesi  yang punya hobi mendaki dan sering banget keluar bali via darat. Akhirnya gue coba chat  dia, yang awalnya Cuma nanya bus, tapi ternyata dia menawarkan buat  nganter dan nemenin sampe gue dapet bus. Dan gak gue tolak. Setibanya di terminal batu bulan, gak lama kemudian fikry dateng dan anter gue. Awalnya gue kira bakal dianter ke terminal mengwi tapi ternyata kita nunggu bus nya di pinggir jalan, dan gue lupa nama jalannya apa dan didaerah mana. Fikry nanya gue mau kemana, guepun jelasin mau kejogja tapi naik kereta dari banyuwangi dan  kereta gue tanggal 10 mei 2018 jam 06.30wib.

Gue sempet lupa kalo banyuwangi sama bali udah beda waktu, fikry juga nanya gue bakal bermalem dimana,dengan santai gue jawab,ya paling nunggu di stasiun banyuwangi baru sampe pagi. Setelah mendengar jawaban gue dia langsung nelpon seseorang, setelah selasai dia bilang dia  menghubungi pacarnya yang tinggal dibanyuwangi gak jauh dari stasiun, buat jemput gue dan kasih tempat buat singgah disana. Jelas gue seneng  dan gak gue tolak, bersyukur banget, karena gue gak jadi gembel distasiun hari itu.

Setelah hampir setengah jam nunggu, akhirnya ada bus kecil yang menuju ke gilimanuk, gue pun naik bus sekitar pukul 20.25 wita. Awalnya ada tiga penumpang termasuk gue, tapi tujuan mereka deket-deket, jadi tinggalah gue sendiri di bus itu yang menuju ke gilimanuk. Karena gue anaknya ngantukan kalo lagi naik kendaraan tapi kalo dirumah mau tidur tuh susah banget, jadi sepanjang  perjalanan di bus, gue selalu tidur dan tiap bus berenti gue bangun. Tapi bus yang gue tumpangin ini sering banget berentinya, berapa kali supirnya berenti ngopi, keliatan banget kalo dia ngantuk. Sebelum berangkat, yang gue tau dari Denpasar ke gilimanuk itu Cuma 3 jam tapi pas bus berenti buat yang kesekian kali dan agak lama gue liat udah jam 00.10 wita  dan gue masih belom sampe gilimanuk.

Jalan sepi, 10 mei 2018

Bus yang gue tumpangin berenti di jalan utama tapi gelap dan jarang banget kendaraan kecil melintas, malah gak ada orang lewat sama sekali.  Tiba-tiba supir busnya duduk di kursi penumpang berjarak satu kursi, sejajar sama gue, dia bilang gak bisa lanjutin perjalannya soalnya ngantuk berat, terus dia bilang, gue mau dioper ke bus temennya yang lagi dalam perjalanan menuju ke tempat bus gue berenti. Gue pun mengiyakan dan gak mikir yang aneh-aneh, walau sempet takut juga si karena sepi banget dan masih agak hutan-hutan gitu. Tapi gue tetep berusaha mikir positif aja. Setelah gue bayar ongkosnya, si supir mulai ngajak gue ngobrol dimulai denga pertanyaan paling basa basi, nanya asal dari mana? (gue jawab dari banyuwangi), tinggal dimana? bla..bla..bla.. dan sederet pertanyaan basi lainnyalah, dengan kondisi gue masih di dalem bus dan dia duduk deket pintu.

Awalnya gue jawab dengan baik, tapi ko ya, lama-lama gue mulai awkward.  Soalnya nih supir mulai ngomongin hal-hal yang bikin risih dari mulai nanya pacar, minta nomer hp, mamanya minta pulsa..lahhhh... (intermezoo) huhu..

Nih supir bus annoying banget deh tapi gue berusaha biar gak keliatan kalo gue gak suka sama tingkah lakunya karena takut dia tersinggung terus nanti gue di apa-apain lagi huhu. Dan yang paling ngeselin adalah gesture dia mulai kagak control he scratched his dick in front of me, deliberately and repeatedly. So, fakuy, gue Cuma bisa ngebuang pandangan ke luar
jendela mobil dan berharap ada orang yang lewat biar bisa teriak...banggg...bakso.

setelah itu, tetiba dia matiin mesin busnya dengan alesan asepnya bau, padahal kagak ada asep sama sekali dan lampu dalem bus pun ikutan mati, kampret momen banget, gue berusaha tetap tenang, dia ngajak ngobrol masih gue tanggepin dengan jawaban hmm, iya, hehe, muah..

sambil mikir  cari alesan biar bisa keluar dari bus. Gak lama kemudian dia minta gue balikin uang kembalian yang dia kasih kegue tadi, karena uang gue ada didalem tas dan di bus gelap jadi kagak keliatan, akhirnya gue dapet alesan buat keluar dari bus. Setelah keluar dari bus, rasanya sedikit lebih lega, kalo-kalo sampe dia macem-macem, seengganya gue ada usaha buat lari.haha. Gue Tanya ngapain diminta lagi?, dia bilang gue gak usah bayar, anggep aja dia nganterin gue.

Lah buset,,, nih orang makin pengertian ngaco aja, tapi gue berusaha nolak  dengan sopan dan berusaha tetep stay cool padahal udah takut setengah mati dan akhirnya dia gak jadi minta kembalian uangnya.

Gue ngerasa makin worry, karena bus nya kagak dateng-dateng. Setalah beberapa menit yang terasa seperti beberapa jam, bus yang ditunggu
akhirnya dateng. Gue pun pindah kebus  AKAP yang dia janjiin dan selamat dari supir bus kecil kampret itu.
Dan tiba lah gue di pelabuhan gilimanuk jam 00.30 dengan selamat tanpa kehilangan harga diri  satu apapun.

Ketapang, 10 Mei 2018

perjalanan dari gilimanuk ke pelabuhan ketapang kurang lebih 45 menit,
seperti biasa kill the time by slept πŸ˜… . setibanya di ketapang sekitar jam 01.30 wib. Lalu gue menghubungi Dwi a.k.a pacarnya fikry. setelah nunggu kurang lebih 15 menit, akhirnya dia dengan mengendarai sepeda motor. Jarak dari pelabuhan kerumahnya kurang lebih 10 menit. Dan ketika sampe dirumahnya ternyata orang tuanya ikutin dia dari belakang dengan naik motor yang berbeda. Alesannya jalannya rawan, seketika langsung berasa gak enak, baru kenal detik itu tapi udah ngerepotin keluarga orang πŸ˜…. How blessing I’m?  dipertemukan sama keluarga yang baik banget, setelah gue di buatin minuman hangat dan makanan, mereka nyuruh gue istirahat dikamar Dwi, sementara Dwi tidur dikamar yang lain. Gue tidur sekitar pukul 02.30 wib dan bangun jam 05.10, setelah beres-beres, gue berpamitan dan dianter Dwi ke stasiun karang asem.

Kereta api ekonomi sri tanjung tiba sekita jam 07.00 kemudian melaju menuju stasiun lempuyangan. Tiba-tiba, ada chat dari bima, yang menanyakan gue jadi berangkat kejogja apa engga, setelah gue iyakan, bima ngasih gue kontak temennya yang bisa gue singgahi sesampainya dijogja nanti, namanya amel yang sempet dia janjiin beberapa hari sebelum keberangkatan. Padahal gue udah gak berharap dapet tumpangan dari temennya bima, soalnya bima sempet gak ada kabar dan gue udah prepare uang penginapan. Tapi ternyata, (lagi-lagi) semesta berbaik hati mempertemukan gue dengan orang-orang baik ini. Setelah itu gue menghabiskan waktu dikereta dengan tidur, mengingat jam tidur gue yang kurang kalo lagi di rumah. Ini merupakan salah satu yang gue suka dari sebuah perjalanan yaitu bisa tidur sesering mungkin. Hihi. Kereta tuh udah kaya kamar kedua buat gue, waktu masih didepok gua sering naik kereta dari Depok- Bogor- Jakarta-Depok atau sebaliknya cuma biar bias tidur. Aneh ya?, ya emang.. tapi ya bodo amat.

Lempuyangan, 19.30 wib

Sekitar kurang lebih 12 jam  gue didalem kereta, dengan badan yang udah pegel-pegel. Akhirnya, tiba di jogja. Gue langsung menghubungi amel tapi ternyata dia lagi ngerjain tugas dulu, dan sambil nunggu amel dateng, gue mutusin buat cari makan disekitar stasiun, karena selama dikereta gue gak makan, paginya, cuma minum satu susu kotak aja yang gue bawa dari rumah.

Setelah cukup lama nunggu amel, akhirnya dia dateng juga, dan kita langsung menuju kosannya. Sesampainya dikosan, gue duduk-duduk bentar, Setelah itu gue langsung bersih-bersih dan ngobrol-ngobrol sama amel, ternyata orangnya asik juga, walau awalnya dia gak banyak omong. Setelah dirasa cukup, kenalan dan ngobrolnya, gue sama amel pun tidur.  FYI, Kamarnya kosnya amel berukuran kurang lebih 2x2 cukup kecil kalo di tinggali berdua, tapi sangat pas buat tinggal sendiri, kamar mandi didalam dan  kasurnya pun cuma cukup satu orang. Walau ditawarin tidur dikasur tapi gue milih tidur dilantai. Ya.. tau diri aja kaliii, udah numpang, ya kali ngelunjakkkk. πŸ˜…

Jogja, 11 mei 2018

Seperti biasa gue selalu bangun pagi, tapi masih males gerak, jadi gue Cuma guling-guling dilantai, sementara amel masih tidur. Sekitar jam 07.00, amel siap-siap berangkat kekampus. Gue dapet kabar kalo Merapi Meletus dari temen dipekalongan yang mau nonton MLI juga dijogja, terus gue langsung cek sosmed BNPB, ternyata cuma letusan kecil. Dan gak lama kemudian orang-orang terdekat yang tahu gue lagi dijogja menghubungi dan menanyakan keadaan gue, gue berusaha membuat orang-orang tsb. Gak khawatir dan emang kondisi saat itu masih baik-baik aja.

Sekitar jam 09.00 gue mutusin buat jalan-jalan dan cari makan, sambil nunggu aris yang katanya berangkat dari Jakarta. Tapi sekitar jam 11.00 siang, turun hujan abu cukup tebal. Gue yang tadinya mau sewa motor buat jalan-jalan, akhirnya mutusin buat a day walk  aja di malioboro. Dan dapet kabar kalo ternyata bandara jogja di tutup gara-gara hujan abu, penerbangan dibatalin dan aris pun gagal nonton MLI ke jogja.

Sekitar jam 16.00 gue langsung menuju venue acara di hotel Grand Tjokro by gojek. Ternyata penukaran tiket yang gak ikut talk show fico baru dibuka jam 18.00, akhirnya Sambil nunggu bima dan amel gue cari makan dulu. Gak lama kemudian mereka dateng bertiga sama bimo yang ternyata pacarnya amel, dan tiketnya aris dipake sama bimo.

Akhirnya, kita nonton berempat. Dan saat itu, gue jadi rindu sama axa, partner keliling nonton openmic jabodetabek, kita suka banget nonton acara standup, setelah nonton biasanya kita selalu diskusi tentang materi-materi standup yang abis kita denger alias ngebacot dan ketawa-ketawa gak karuan, kaya yang ngerti aja padahal mah sotoy aja. Gue pribadi suka nonton standup karena dari situ kita bisa liat dan belajar bahwa dari sebuah masalah atau tragedi bisa kita ketawain, tergantung sudut pandang, permainan kata dan dari situ bisa kelihatan apakah kita udah bisa  berdamai sama masalah atau tragedi yang kita alami itu. Yang pasti gue jadi belajar biar makin open minded si.

Acara malam itu pecah banget, line up local dan MLI keren-keren, gue merasa sangat terhibur, gak nyesel berjam-jam perjalan dari Denpasar ke jogja demi nonton show mereka. tapi dari beberapa comic yang tampil, abraham tino dan indra frimawan menjadi yang terfavorit buat gue pada malam itu.

Jogja, 12 mei 2018

Seusai acara, malemnya gue masih diijinkan buat nginep dikosan amel. Dan siang ini gue sama bima akan menuju ke solo. Karena gue kehabisan tiket kereta dari jogja ke banyuwangi, dan harga tiket pesawat dari jogja-denpasar cukup mahal. Akhirnya bima menyarankan buat cek tiket pesawat dari solo, dan bener aja lebih murah. Tapi untuk keberangkatan minggu, 13 mei 2018 jam 06.00 pagi jadi mau gak mau harus nginep disolo dulu. Setelah booked tiket dan penginapan via aplikasi, siang itu gue sama bima berangkat ke solo naik kereta pramex dari stasiun maguwo, letaknya terintegrasi sama bandara adi sutjipto. Kalo gak salah keretanya berangkat jam 13.45. perjalanan menuju solo kurang lebih satu jam. Sesampainya di solo balapan, kita sempet cari spot foto kaya anak Instagram. Karna bima gak langsung pulang ke denpasar kita pun berpisah,  bima menuju terminal, gue menuju penginapan.

Sempet muter-muter nyari penginapannya untuk gojeknya baik. Karena ternyata, itu  wisma perawat gitu, dan yang bikin serem,  satu kamar itu isi 3 tempat tidur sementara gue tidur sendirian dan kamar mandi diluar. Tapi yaudahlah namanya juga penginapan murah, lagian Cuma semalem doang, jadi terima aja. Gue pun istirahat dengan sedikit rasa takut, saking takutnya barang-barang yang ada ditas gue jejerin di Kasur yang kosong, biar gak ada yang tiba-tiba tidur disitu. haha

Solo, 13 mei 2018

Jam 05.00 gue cek out dari penginapan, jarak penginapan ke bandara adi sumarmo Cuma sekita 15 menit naik gojek. Sayangnya, disolo gak sempet jalan-jalan dan kulineran. sunrise pagi itu jadi penutup perjalan kali ini. Gue berterimakasih kepada Tuhan dan semesta, karena masih melindungi gue selama perjalanan dan mempertemukan gue dengan orang-orang baik. Karena rejeki gak melulu soal uang, dapet kenalan baru itu bagian dari rejeki yang udah diatur buat gue.

Gue bukan orang yang taat beragama tapi gue selalu yakin satu hal, apa yang gue lakukan bakal berbalik sama diri sendiri. Semoga dengan keselamatan, pertemuan dan segala kemudahan yang gue dapat selama perjalanan ini, merupakan hal baik yang pernah gue tanam. Dan gue percaya orang-orang yang udah berbuat baik sama gue selama perjalanan ini ,akan dapet kebaikan juga, walau bukan dari gue. Tapi semesta selalu punya caranya sendiri. Mungkin buat sebagian orang, paragraph terakhir gue terdengar lebay, tapi  Buat gue ketika pulang dari suatu perjalanan harus ada value yang bisa diambil. Terimakasih untuk yang sudah membaca.

Akan ada waktu, dimana kamu menyapaku lagi. Ditempat ini. Sepagi ini. ~solo~

Note :
Bus dps - Gilimanuk : Rp.  40.000